SAMPIT – Akses layanan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kini kian mudah, hal itu terbukti usai BPJS Kesehatan Cabang Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menghadirkan layanan jemput bola kepada masyarakat melalui layanan Mobile Customer Service (MCS) yang berlokasi di taman Kota Sampit. Masyarakat Kotim yang memerlukan informasi terkait program JKN dan ingin melakukan pendaftaran peserta JKN dapat mendatangi layanan MCS tersebut.
Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP) BPJS Kesehatan Cabang Sampit, Abd Gafur menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan akan terus menjaga mutu pelayanan kepesertaan program JKN yang diberikan kepada masyarakat, sehingga BPJS Kesehatan membuka loket-loket layanan yang dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan.
“Seperti tahun sebelumnya pelayanan MCS BPJS Kesehatan hadir di taman Kota Sampit tiga kali dalam seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu dan Jumat, pelayanan yang diberikan juga sama dengan yang diberikan di kantor cabang, masyarakat bisa memanfaatkannya tidak perlu untuk jauh-jauh datang ke Kantor cabang BPJS Kesehatan,’’ ungkap Gafur, Jumat 20 Januari 2023.
Ia menambahkan bahwa layanan MCS kedepan akan menyasar tempat-tempat yang strategis seperti pasar, perkantoran dan desa-desa untuk menjangkau seluruh masyarakat agar dapat memberikan kemudahan pelayanan.
Pelayanan MCS BPJS Kesehatan juga mendapatkan respon positif dari masyarakat seperti halnya Rifki, pria yang berprofesi sebagai ojek online ini sangat merasakan kehadiran layanan MCS BPJS Kesehatan. Menurutnya di tengah kesibukan yang harus mencari rezeki mengantar dan menjemput penumpang dirinya masih bisa melakukan perubahan data kepesertaan JKN karena tidak harus datang ke kantor cabang.
“Alhamdulillah sangat terbantu sekalian lewat bisa singgah sebentar untuk pengurusan administrasi BPJS Kesehatan, prosesnya juga mudah dan cepat sehingga tidak banyak menyita waktu kami yang harus berkeliling mencari rezeki. Dengan adanya layanan dibanyak tempat tentunya sangat memudahkan kami sebagai peserta JKN BPJS Kesehatan,’’ sampainya.
Selain layanan MCS, BPJS Kesehatan juga menghadirkan layanan non tatap muka yang bisa diakses oleh masyarakat seperti aplikasi Mobile JKN, layanan WA Pandawa di nomor 081-1816-5165 dan care center 165. (baim).