SAMPIT – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan kepuasan peserta di titik layanan yang berkaitan langsung dengan peserta. Salah satunya dengan menyediakan kanal-kanal layanan bagi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dikembangkan agar masyarkat semakin mudah untuk mengakses layanan administrasi JKN-KIS.
Guna mewujudkan hal tersebut BPJS kesehatan Cabang Sampit melakukan kerjasama kemitraan dengan kader JKN.
“Kader JKN merupakan individu yang berkerjasama sebagai mitra BPJS Kesehatan berdasarkan hubungan kemitraan yang menjalankan sebagian fungsi BPJS Kesehatan dalam suatu wilayah tertentu. Kader JKN juga bisa sebagai perantara masyarakat dan BPJS Kesehatan dalam informasi, edukasi dan koordinasi pelayanan serta keluhan yang dialami oleh masyarakat,” ucap Sukarsi Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan, Selasa, 25 Februari 2020.
Sukarsi mengatakan, Kader JKN yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan terjun langsung ke masyarakat dan dibagi berdasarkan wilayah tempat domisili atau tempat tinggalnya saat ini. mereka akan bertugas di kelurahan yang akan menjadi wilayah binaannya dengan harapan masyarakat juga bisa langsung menghubungi kader JKN apabila ada informasi-informasi yang dibutuhkan.
Sementara itu, Rina Rudin salah satu kader JKN yang berlokasi di Kecamatan Mentaya Baru Ketapang menyampaikan bahwa dirinya siap untuk memberikan layanan kepada masyarkat terkait dengan informasi. Dia berharap dengan adanya kader JKN KIS masyarakat bisa lebih terbuka terhadap program JKN KIS.
“Kami berharap dengan adanya kehadiran JKN KIS masyarakat bisa semakin mudah dalam mengakses layanan BPJS Kesehatan, sehingga kendala-kendala yang di hadapi masyarakat semakin terkait program ini bisa terselesaikan, saya juga berharap masyarakat tidak mudah mempercayai oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, karena bisa jadi informasi yang disampaikan tidak benar,”akhirnya.
(Put/beritasampit.co.id)